Sebelum ke Dapur, Pastikan Mommies Punya 4 Peralatan Penting Ini untuk Memasak! - Peralatan Dapur Masak

Thursday, April 11, 2019

Sebelum ke Dapur, Pastikan Mommies Punya 4 Peralatan Penting Ini untuk Memasak!

Sebelum ke Dapur, Pastikan Mommies Punya 4 Peralatan Penting Ini untuk Memasak!

Memasak via klikdokter.com

Setelah kita belajar tentang bumbu-bumbu dasar apa saja yang diperlukan di dapur, tak lengkap jika kita belum membahas alat-alatnya nih, mom. Seperti nama blogspot ini, pastinya kita punya beberapa rekomendasi menarik untuk mommies yang baru belajar masak ataupun yang ingin lebih ahli dalam mengolah bahan makanan di dapur. 

1. Kompor
Kompor gas via duniamasak.com


Kompor merupakan alat yang utama dan paling penting karena ini adalah alat masak yang menghasilkan panas tinggi. Sudah pasti kegunaannya untuk memberikan rasa panas bagi barang-barang yang diletakkan di atasnya. Dalam dunia memasak, alat ini berfungsi agar masakan kita menjadi matang dan siap untuk disantap. Terdapat 2 macam kompor yaitu kompor gas seperti gambar di atas dan kompor listrik. Keduanya mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jika kompor gas memiliki daya pemanasan yang lebih baik karena bisa diatur pemakaian besar kecil apinya sehingga lebih cepat matang, tetapi kekurangannya adalah adanya resiko kebocoran tabung gas yang bisa mengakibatkan kebakaran. Di sisi lain, kompor listrik mempunyai keunggulan yang ramah lingkungan yang mudah dibersihkan bahkan bisa ditanam dalam meja dapur kita sehingga nampak lebih elegan. Tetapi, kompor ini pun mempunyai kekurangan yaitu harganya yang lumayan mahal dan biaya listrik yang harus dibayar akan lebih melonjak serta jika ada pemadaman listrik, mommies tidak bisa memasak nih.

2. Wajan

Wajan via duniamasak.com

Tidak mungkin bahan masakan kita hanya langsung di taruh di atas kompor, bisa jadi gosong. Diciptakanlah alat perantara bernama wajan atau yang dapat disebut penggorengan/kuali. Wajan adalah alat memasak yang diletakkan di atas kompor lalu digunakan untuk wadah makanan yang akan diolah. Wajan sendiri berasal dari bahasa Jawa yang artinya baja atau besi sehingga kedua elemen tersebut yang biasa diproduksi oleh banyak perusahaan. Seiring berjalannya waktu, pabrik yang berinovasi dengan wajan berbahan teflon, marble dan lainnya. Semua mempunyai kegunaan yang sama, tergantung dari cara pemakaian agar wajan lebih awet. Kendala yang sering dihadapi oleh ibu rumah tangga adalah mempunyai wajan yang lengket karena tertimbun sisa-sisa bahan masakan dan lecet akibat terkena spatula ketika memasak atau cara membersihkan yang kurang benar. Disarankan untuk memilih bahan wajan yang aman tidak mengandung bahan kimia dan mudah untuk dibersihkan.

3. Panci

Panci via duniamasak.com

Panci yang dalam bahasa Inggris disebut saucepan, adalah alat masak yang terbuat dari logam dan berbentuk silinder. Biasanya, panci memiliki gagang tunggal atau dua pada samping sisinya. Gagang atau telinga ini berfungsi sebagai pegangan untuk mengangkat panci ketika selesai masak karena masih panas dan juga sering dipakai untuk memasak yang berkuah. Dalam segala masakan, pasti  akan dipakai ukuran yang sesuai dengan kebutuhan misalnya mommies ingin memasak air bisa memakai panci yang kecil, atau si Kecil ingin makan sop bisa memasak dengan ukuran yang lebih besar.

4. Spatula
Spatula via duniamasak.com

Spatula adalah sendok yang besar untuk mengambil masakan. Tidak hanya bertujuan mengambil sesuatu, peralatan dapur ini memiliki bentuk dan bahan yang beraneka ragam. Spatula yang digunakan untuk memasak sayur bahkan ada spatula yang berguna untuk membuat roti dan kue. Ada beberapa jenis bahan yang umum dijadikan untuk Spatula: stainless steel, kayu, karet dan plastik. Jika mommies ingin yang praktis dan banyak di temukan di toko peralatan dapur, biasanya banyak di jual dengan bahan stainless steel. Jika mommies ingin yang lebih tahan panas dan aman digunakan sehari-hari, bisa menggunakan bahan nilon.

Tidak terlalu banyak kan, mom? Cukup terjangkau dan simple untuk didapatkan serta sangat berguna untuk menunjang kegiatan masak kita ya :)

Happy cooking, happy family!

12 comments:

  1. Terimakasih infonya, kak.
    Mamaku kusarankan buat melengkapi dapurnya dengan bermacam bentuk dan fungsi spatula.

    ReplyDelete
  2. satu lagi kalau urusan yang kayak gini, peralatannya harus bersih dan steril

    ReplyDelete
  3. hampir semua ada di dapur saya sih

    ReplyDelete
  4. Saya agak takut kalau pakai kompor. Karena emang di rumah saya masih sederhana. Pakai kayu gitu😁 jadinya kalau disuruh pakai kompor pasti was-was....

    ReplyDelete
  5. Saya suka masak, tapi basic seringnya masak Indomie sama telor.. wkwk

    ReplyDelete
  6. Sekarang baru hits spatula dari bahan silicon mbak. Ternyata emang enaaaakk dipake apalagi buat wajan anti lengket. cuma sayang harganya agak mihil

    ReplyDelete
  7. Kalau sudah punya semuanya berarti aman nih ya..

    ReplyDelete
  8. Peralatan dasar yang sangat dibutuhin buat masak ini, kalo udah punya semua enak udah. Bisa masak dengan lancar dan menyenangkan

    ReplyDelete
  9. Sip. Senang melihat aneka perabut dapur.

    ReplyDelete
  10. 4 alat ini memang basic yang harus di punya sih :D

    ReplyDelete