Manfaat Buah-buahan untuk Hidup Sehat - Peralatan Dapur Masak

Wednesday, April 10, 2019

Manfaat Buah-buahan untuk Hidup Sehat

Manfaat Buah-buahan untuk Hidup Sehat

Buah-buahan via marguery-villas-resort.com


Wah, dari melihat gambarnya saja pasti ada beberapa mommies yang sudah menelan ludah dan buru-buru ingin pergi ke pasar untuk membeli buah karena akan sangat menyegarkan tubuh, kan? Beraneka ragam buah yang ditawarkan oleh bumi untuk kita santap dengan bebas dan banyak khasiat serta vitamin yang dihasilkan oleh setiap buahnya. Warna-warna dari kulitnya pun beraneka macam: ada kuning, hijau, merah, ungu, oranye dan sebagainya. Rasa dari masing-masing buah pun berbeda-beda. Dalam keluarga pun pasti ayah menyukai buah yang kadang sama dengan ibu dan anak namun bisa juga sebaliknya. Nah, bagaimana cara menyikapinya agar di rumah kita tidak terlalu banyak menampung buah dan tidak mubazir karena jarang dikonsumsi? Mommies bisa menyikapinya dengan mengetahui terlebih dahulu kandungan dari masing-masing buah, baru dapat membuat keputusan mana buah yang lebih diperlukan oleh keluarga dan tentunya menyehatkan. Berikut beberapa informasi yang dapat dipelajari:


1. Apel
Apel via cbn.co.za

Buah apel mengandung vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan mineralnya tinggi. Kandungan seratnya dapat membuat kita akan terasa kenyang lebih lama, sehingga buah apel ini cocok untuk diet dan aman untuk usus kita. Ada beberapa manfaat apel yang sangat diperlukan tubuh yaitu melancarkan buang air besar, menurunkan kolesterol, meningkatkan kesehatan kulit, dan masih banyak lagi.

2. Jeruk 
Jeruk via bisnis.tempo.co

Buah yang satu ini sangat terkenal dengan kandungan vitamin C yang sangat kaya. Salah satu khasiat jeruk yang digemari oleh banyak orang adalah dapat menyembuhkan sariawan. Selain itu, beberapa manfaat jeruk lainnya adalah menjaga sistem kekebalan tubuh, mengatasi sembelit dan susah buang air besar, memelihara kesehatan jantung, dan sebagainya. Tidak hanya buahnya, namun kulit jeruk memiliki khasiat juga loh, mom! Dapat dijadikan sebagai masker kulit jeruk untuk mengangkat sel kulit mati, tonik kulit jeruk untuk atasi ketombe, dan olesan kulit jeruk pada badan untuk mencegah gigitan nyamuk.

3. Anggur
Anggur via motherandbaby.co.id

Buah anggur memiliki kandungan vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C dan vitamin K. Anggur dikatakan sebagai salah satu 'super food', hal ini dikarenakan oleh berbagai macam manfaat untuk kesehatan yang dapat diperoleh dengan mengonsumsi anggur. Dapat digunakan untuk menjaga kesehatan mata,  menjaga kesehatan tulang, mencegah tekanan darah tinggi, menurunkan resiko stroke, menyehatkan ginjal dan pencernaan, mengatasi sakit kepala dan susah tidur, serta berbagai hal lainnya.

4. Mangga
Mangga via femina.co.id

Kalau buah yang satu ini pasti sudah tidak asing dan mungkin digemari mommies ketika masih hamil ya? Nah, buah mangga mengandung vitamin A, vitamin C, dan vitamin E. Selain disukai ibu hamil karena rasanya asam dan bisa memuaskan hasrat ngidam, ternyata buah mangga dapat membersihkan darah kotor loh! Kegunaan buah mangga ini adalah dapat menyehatkan mata serta baik untuk wanita yang sudah menopause karena tinggi zat besi, dapat juga melancarkan pencernaan dan menghilangkan bau badan.


Dari keempat buah di atas, dapat kita lihat bahwa masing-masing memiliki banyak vitamin dan manfaat yang berbeda-beda. Begitupun dengan buah lainnya seperti pisang, jambu, semangka, melon dan lainnya. Setiap buah pasti memiliki perlakuan yang berbeda untuk cara memakannya. Ada yang bisa dicuci bersih saja langsung dimakan bersama kulitnya atau bisa juga dikupas terlebih dahulu lalu dimakan isinya. Alat yang digunakan berupa pisau atau peeler dan pilihlah alat yang berkualitas, kuat, tidak mudah tumpul, dan mudah dibersihkan. 

Jadi, sudah menentukan hari ini mau borong buah apa untuk yang tersayang, mom? :)

3 comments:

  1. Buah durian? manfaatnya ada gk ya? Hehe..

    ReplyDelete
  2. Aku paling suka alpukat. Manfaatnya apa?

    ReplyDelete
  3. Suka banget sih sama anggur. Nyicipin 1 1 itu lo yang bikin seru. Gak kerasa udah sisa tangkainya aja :D

    ReplyDelete