3 Bumbu Dapur yang Wajib Dimiliki oleh Ibu Rumah Tangga - Peralatan Dapur Masak

Tuesday, April 9, 2019

3 Bumbu Dapur yang Wajib Dimiliki oleh Ibu Rumah Tangga

3 Bumbu Dapur yang Wajib Dimiliki oleh Ibu Rumah Tangga

Bumbu dapur via medcom.id



Di zaman sekarang, tidak sedikit ibu yang menikah dini atau lebih dikenal dengan 'mama muda' yang jarang sekali untuk masuk ke dalam dapur dan turun langsung untuk memasak bagi anak-anaknya. Tidak heran jika anak-anaknya mungkin lebih suka makan di luar daripada di rumah karena tidak ada makanan. Ini merupakan hal yang cukup menjadi perhatian untuk para orang tua agar dapat lebih akrab dengan anaknya setelah pulang kerja dan menghabiskan waktu di meja makan lebih lama lagi.  Jangan khawatir, mom! Tidak ada kata terlambat untuk mencoba. Kita bisa memulai belajar dari dasar untuk mencapai hasil yang bagus.

Nah, sebelum menjadi masakan yang lezat pasti ada sesuatu yang harus diolah bahkan ada rahasia yang ditambahkan agar menjadi lebih nikmat. Kita dapat menyebut rahasia itu sebagai 'bumbu'. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, bumbu diartikan sebagai berbagai jenis hasil tanaman yang berbau harum atau sedap yang digunakan untuk menyedapkan masakan. Sebagai langkah awal, berikut 3 bumbu yang wajib disediakan di dapur:

1. Gula

Gula via hellosehat.com

Gula digunakan untuk mengubah rasa makanan atau minuman menjadi manis. Ketika anak ingin minum teh atau suami ingin dibuatkan kopi, mommies menambahkan gula secukupnya agar rasanya tidak hambar maupun pahit. Mungkin ada yang berpikir takut diabetes jika memakai banyak pemanis, namun sekarang banyak dijual gula rendah kalori. Untuk makanan, bumbu ini sering digunakan dalam bahan pembuatan kue. Jika mommies tidak mau repot, gula bisa dijadikan sebagai pelengkap untuk menu singkong rebus yang dapat menjadi cemilan santai keluarga.

2. Garam
Garam via cnnindonesia.com

Garam adalah bumbu masakan yang ditemukan hampir di semua peradaban. Garam juga merupakan salah satu kebutuhan yang merupakan pelengkap dari kebutuhan pangan dan sumber elektrolit yang penting bagi tubuh kita. Garam memiliki rasa asin dan teksturnya cepat untuk larut. Biasa digunakan sebagai penyedap rasa hampir di setiap awal masakan. Ingat, sesuatu yang berlebihan itu tidak baik, sama halnya dengan garam. Konsumsi garam seperlunya agar makanan tidak hambar dan lezat. Selain untuk penyedap makanan, garam juga bisa dipakai untuk menghilangkan noda maupun pembersih wajan loh, mom! All in one!

3. Lada
Lada via fakta.news

Lada yang disebut juga Merica atau Sahang adalah sebuah tanaman yang kaya akan kandungan kimia, seperti minyak lada, minyak lemak, juga pati. Lada mempunyai rasa sedikit pahit dan pedas namun hangat. Masakan yang biasanya menggunakan lada adalah sayur sup, mie, bubur ayam, dan lainnya. Atau mommies mau mencoba masakan ala restoran yaitu 'sapi lada hitam'? Wajib punya bumbu ini nih! Makanan ini sangat populer dan dijamin suami dan anak-anak pasti suka.


Pengetahuan dasar sangatlah diperlukan agar kita dapat lebih mudah untuk mengetahui hasil akhir yang akan kita lakukan. Dari 3 bahan dasar ini, mommies tidak perlu pusing harus beli berapa kilogram atau takut expired. Biasanya bahan-bahan ini akan tahan lama jika dijaga dengan baik dan bersih. Untuk itu, perlu untuk memakai peralatan dapur yang dapat menunjang bahan agar awet. Dengan bentuk yang minimalis dan simple, tidak perlu repot untuk mengatur tempat bumbu ini. Cukup taruh di dekat tempat kita memasak, bisa di dekat kompor atau di dekat wadah piring agar terlihat lebih rapih dan cantik. Tidak perlu ribet untuk ke tempat penjualan alat dapur, sekarang di toko online sudah banyak tersedia tempat bumbu kok, mom.

Yuk, mari kita menjadi ibu pintar untuk keluarga mulai dari hal kecil menuju hal besar :)

1 comment:

  1. gula garam + micin sih kalo dirumah. Sama jangan lupa juga kudu ada cabenya biar makin nendang rasanya. Atau sekedar tuk dijadikan sambel juga cabeeee cabe cabe :D

    ReplyDelete